MILITER
Kekuatan militer merupakan salah satu inti dari kekuatan suatu negara, dan melalui peranglah kekuatan militer di e-Sim ditentukan.
Terdapat tiga jenis perang di e-Sim, yaitu:
- Perang Langsung / Direct War, yaitu melibatkan dua negara yang bertetanggaan dengan melibatkan aliansi dari masing-masing negara
- Perang Pemberontakan / Resistance War / RW, yaitu perang yang melibatkan negara penjajah dan negara terjajah.
- Perang Saudara / Civil War, yaitu perang yang melibatkan pihak yang loyal pada pemerintah dan pihak pemberontak di satu negara.
Setiap perang dilancarkan dengan cara yang berbeda, yaitu:
- Direct War hanya dapat dilancarkan melalui perintah Presiden, dengan syarat:
- Perang telah berjalan dengan adanya Declaration of War (DoW) yang disetujui Kongres
- Pihak tersebut memiliki inisiatif perang. Inisiatif perang ditentukan oleh pemenang dari perang sebelumnya. Inisiatif ini bertahan selama 24 jam, dan akan berpindah tangan ke pihak lawan jika tidak ada Direct War yang dilancarkan selama kurun waktu tersebut.
- Treasury Negara memiliki jumlah uang yang cukup untuk membayar biaya perang. Jumlah uang yang dibutuhkan ialah (10 + 10% populasi aktif di region tersebut) Gold.
- Hanya dapat dilakukan di satu region untuk setiap Direct War. Jika dalam Direct War tersebut, masih terdapat perang yang berlangsung di satu region, maka Presiden tidak bisa melancarkan perang sampai perang tersebut selesai.
- Resistance War bisa dilancarkan oleh seseorang yang berlokasi di region tempat Resistance War dengan syarat:
- Tidak ada deklarasi Resistance War yang berlangsung di wilayah tersebut dalam kurun waktu 24 jam sebelumnya.
- Membayar biaya Resistance War sebesar 20 Gold
- Hanya 1 Resistance War yang dapat dilaksanakan oleh satu negara terjajah untuk setiap negara penjajah. Jika satu negara dijajah oleh dua negara, maka wilayah terjajah dapat melaksanakan 2 Resistance War, masing-masing 1 untuk setiap wilayah penjajah. Jika satu negara memiliki 4 negara jajahan, maka negara tersebut dapat memiliki 4 Resistance War, masing-masing 1 untuk setiap negara jajahan.
- Dalam 15 menit pertama setelah satu Resistance War selesai, Resistance War hanya bisa dilaksanakan oleh anggota kongres dari negara terjajah.
Civil War akan dijelaskan di bagian terpisah.
Kecuali Civil War yang hanya dapat diikuti oleh orang yang memiliki kewarganegaraaan di negara tersebut, pada intinya semua orang bisa mengikuti Direct War dan Resistance War. Untuk mengikuti Direct War, seseorang harus berlokasi di negara yang terlibat dalam perang tersebut (termasuk berlokasi di negara aliansi). Untuk mengikuti Resistance War, seseorang harus berlokasi di negara tempat perang tersebut.
Kontribusi dalam suatu perang ditentukan oleh Damage yang diberikan pada setiap Fight. Jumlah damage yang diberikan setiap Fight dihitung berdasarkan formula di bawah:
Damage = (Strength) * (Koefisien Pangkat Militer) * (Koefisien Senjata) * [1+(Faktor Perang)]
Strength ditentukan melalui training yang dilakukan setiap hari.
Koefisien Pangkat Militer ditentukan oleh Pangkat Militer yang dimiliki agan. Angka koefisien dari setiap pangkat militer dapat dilihat di sini.
Koefisien Senjata ditentukan oleh tipe senjata yang digunakan dalam Fight. Koefisien tersebut ialah:
- 0.5 untuk Fight tanpa senjata
- 1.2 untuk Fight dengan senjata Q1
- 1.4 untuk Fight dengan senjata Q2
- 1.6 untuk Fight dengan senjata Q3
- 1.8 untuk Fight dengan senjata Q4
- 2.0 untuk Fight dengan senjata Q5
Mengenai Faktor Perang, terdapat beberapa faktor perang yang menentukan damage, di antaranya:
- Location Bonus
Location bonus ditentukan dari lokasi agan melakukan Fight. Beberapa syarat untuk mendapatkan Location Bonus ini ialah:
- Untuk Direct War pihak bertahan, Location bonus didapatkan di region tempat perang berlangsung.
- Untuk Direct War pihak menyerang, Location bonus didapatkan di region yang berbatasan dengan tempat perang berlangsung.
- Untuk Resistance War pihak bertahan dan menyerang, Location bonus didapatkan di region tempat perang berlangsung.
Besar Location Bonus ialah +20%
- Military Unit (MU) Bonus
MU Bonus didapatkan ketika agan mengikuti perang sesuai dengan order yang telah ditetapkan oleh MU. Besar bonus damage ditentukan oleh tingkat dari MU, yaitu:
- +5% untuk MU Novice
- +10% untuk MU Regular
- +15% untuk MU Veteran
- +20% untuk MU Elite
- Region debuff
Region debuff didapatkan ketika lokasi perang terputus dengan wilayah asli dari negara pihak penyerang / bertahan. Jika satu pihak mengikuti perang di satu lokasi yang terputus dengan wilayah asli dari pihak tersebut, baik Direct War ataupun Resistance War, maka pihak tersebut akan dikenai debuff sebesar -20%.
- Defense System (DS) Bonus
DS bonus didapatkan oleh pihak bertahan yang mengikuti perang di wilayah yang telah terpasang Defense System. Besar bonus tergantung dari kualitas DS yang terpasang, yaitu +5% untuk Q1, kemudian tambahan +5% untuk setiap peningkatan kualitas sampai maksimal +25% untuk Q5.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar